Selasa, 19 November 2019

Bisnis Plan


PROPOSAL USAHA
COFFEE BARASA





                                   
Disusun Oleh :

1.      Ahmad Fikri                               (26219964)
2.      Moeslim Baba Jumatha             (23219774)
3.      Muhammad Galih Tri L.            (24219193)

Kelas : 1EB14



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
2019/2020







Jl. Setia  No.30, Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411
Telp: 081312131414
Buka Pukul: 16.00 – 22.30



  





PRODUK LAMA


   
PRODUK BARU






BAB I
PENDAHULULUAN
1.1 Latar Belakang
Coffee Barasa didirikan untuk orang-orang yang gemar akan berbagai macam kopi. Coffee Barasa diperuntukan bagi segala kalangan baik mahasiswa maupun pekerja untuk refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan ditemani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.

1.2 Visi dan Misi Pendirian Usaha

Visi : Menjadi kedai kopi yang menciptakan pelayanan prima, membangun kreatifitas serta berinovasi tinggi, menunjang pendidikan ditengah mengurangi angka kemiskinan.

Misi :
1. Selalu berinovasi
2. Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen.
3. Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau.
4. Memberikan pelayanan yang berkelas dan elegan.
5. Menjaga kepercayaan konsumen

Motto :
Nikmatilah kopimu sama seperti kamu menikmati hidup ini.


BAB II
RENCANA USAHA
2.1 Rancangan Biaya
A. Biaya Tetap (Aktiva Tetap)
1.  
Aero press                      
Rp.    445.000,-
2.    
French press                    
Rp.    130.000,-
3.    
Cookmaster Vdrip           
Rp.      70.000,-
4.    
Hario V60                       
Rp.      80.000.-
5.    
Kettle leher angsa            
Rp.    170.000,-
6.    
Hario V60 drip decenter  
Rp.    400.000,-
7.    
Timbangan kopi              
Rp.    450.000,-
8.    
Manual handy coffee      
Rp.    160.000.-
9.    
Grinder coffee             
Rp.    750.000.-
10. 
Mesin kopi                      
Rp. 2.500.000.-
11. 
Milk jug                            
Rp.    200.000.-
12. 
Wajan maxim                   
Rp.    170.000.-
13.
Kompor gas portable        
Rp.    170.000.-
14. 
Komor gas dua tungku   
Rp.    350.000.-
15. 
Meja kursi taman              
Rp. 3.000.000.-
16. 
Alat goreng kentang          
Rp. 1.300.000.-
17. 
Alat kebersihan               
Rp.    155.000.-

Total
Rp. 10.500.000.-


B. Biaya Variable (Aktiva Lancar)
1.    
Kopi                           
Rp. 1.000.000.-
2.    
Kentang goreng          
Rp. 2.000.000.-
3.    
Tortilla                       
Rp. 1.500.000.-
4.    
Minyak goreng           
Rp. 1.000.000.-
5.    
Gas                             
Rp. 1.500.000.-

Total
Rp. 7.000.000.-

PENJUALAN RATA-RATA

BIAYA OPERASIONAL
FC : 10.500.000/30 = 350.000
VC :                        = 7.000.000 +
                                  7.350.000/350 = 21.000
LABA 10%X21.000  = 2.100
HARGA JUAL : 21.000+2.100 = Rp. 23.100


2.2 Struktur Usaha
Bag. Keuangan     : Ahmad Fikri
Bag. Promosi         : Muhammad Galih Tri L
Bag. Produksi       : Moeslim Baba J

2.3 Sumber Bahan Baku
Untuk sumber bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Adapun macam-macam bahan baku yang kami butuhkan adalah ;


1.      Aneka Kopi
2.      Es kristal
3.      Air mineral
4.      Kentang Goreng
5.      Singkong
6.      Gula
7.      Garam
8.      Saos
9.    Mayonaise


2.4 Peralatan Usaha
Untuk menunjang proses produksi kami, tentunya kami membutuhkan peralatan produksi atau alat alat yang dapat kami gunakan untuk berdagang. Adapun macam-macam peralatan yang kami butuhkan adalah ;

1.  Mesin Espresso
2.  Mesin Grinder kopi elektrik
3.  Mesin Grinder kopi Manual
4.  Peralatan sedu V60
5.  Peralatan sedu Vietnamese drip
6.  Rok Presso
7.  French press
8.  Aero Press
9.  Coffee equipment
10.  Termos Es
11.  Kompor
12.  Penggorengan
13.  Piring
14.  Gelas
15.  Sendok garpu
16.  Kursi Meja Taman


2.5 Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami terapkan di Coffee Barasa yaitu :
1.      Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
2.      Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook, instagram atau twitter yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
3.      Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan Coffee Barasa dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.

2.6 Pembuatan Produk
      Dalam pembuatan produk kami pada menu minuman kopi, pembuatannya bermacam macam. Ada yang menggunakan mesin kopi atau mesin press ada juga dengan menggunakan alat manual. Alat manual sendiri akan digunakan jika mesin kopi tidak bisa digunakan atau sedang mati listrik. Tinggal sesuai permintaan dari konsumen. Sedangkan untuk pembuatan makanan ringan, kami menggunakan penggorengan dan alat penggorengan untuk memasak produk yang dipesan pengunjung.




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menurut pandangan kami usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun zaman sekarang ini banyak tempat nongkrong yang lain selain kedai kopi, tapi kami optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan member harapan yang sangat menjanjikan. Kami akan berusaha dengan kemampuan yang kami miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar. Untuk mejalankan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Kami juga berkeyakinan, untuk mengatasi rintangan yang kami hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Kami juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelolah kedai kopi ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya yang dibutuhkan, kami tidak akan main-main dalam usaha ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar