PROPOSAL
USAHA
COFFEE BARASA
Disusun
Oleh :
1. Ahmad Fikri (26219964)
2. Moeslim Baba Jumatha (23219774)
3. Muhammad Galih Tri L. (24219193)
Kelas : 1EB14
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
2019/2020
Jl. Setia No.30, Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411
Telp: 081312131414
Buka Pukul:
16.00 – 22.30
PRODUK LAMA
PRODUK BARU
BAB I
PENDAHULULUAN
1.1 Latar Belakang
Coffee Barasa didirikan
untuk orang-orang yang gemar akan berbagai macam kopi. Coffee Barasa diperuntukan
bagi segala kalangan baik mahasiswa maupun pekerja untuk refreshing dari
penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan ditemani
secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita
bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.
1.2 Visi dan Misi Pendirian
Usaha
Visi : Menjadi kedai kopi yang menciptakan pelayanan prima, membangun
kreatifitas serta berinovasi tinggi, menunjang pendidikan ditengah mengurangi
angka kemiskinan.
Misi :
1. Selalu berinovasi
2. Memberikan layanan yang berorientasi
pada kepuasan konsumen.
3. Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan
harga terjangkau.
4. Memberikan pelayanan yang berkelas
dan elegan.
5. Menjaga kepercayaan konsumen
Motto :
Nikmatilah kopimu sama seperti kamu menikmati hidup ini.
BAB II
RENCANA
USAHA
2.1 Rancangan Biaya
A. Biaya Tetap (Aktiva Tetap)
1.
|
Aero press
|
Rp.
445.000,-
|
2.
|
French press
|
Rp.
130.000,-
|
3.
|
Cookmaster Vdrip
|
Rp.
70.000,-
|
4.
|
Hario V60
|
Rp.
80.000.-
|
5.
|
Kettle leher angsa
|
Rp.
170.000,-
|
6.
|
Hario V60 drip decenter
|
Rp.
400.000,-
|
7.
|
Timbangan kopi
|
Rp.
450.000,-
|
8.
|
Manual handy coffee
|
Rp.
160.000.-
|
9.
|
Grinder coffee
|
Rp.
750.000.-
|
10.
|
Mesin kopi
|
Rp. 2.500.000.-
|
11.
|
Milk jug
|
Rp.
200.000.-
|
12.
|
Wajan maxim
|
Rp.
170.000.-
|
13.
|
Kompor gas portable
|
Rp.
170.000.-
|
14.
|
Komor gas dua tungku
|
Rp.
350.000.-
|
15.
|
Meja kursi taman
|
Rp. 3.000.000.-
|
16.
|
Alat goreng kentang
|
Rp. 1.300.000.-
|
17.
|
Alat kebersihan
|
Rp.
155.000.-
|
|
Total
|
Rp. 10.500.000.-
|
B. Biaya Variable (Aktiva Lancar)
1.
|
Kopi
|
Rp. 1.000.000.-
|
2.
|
Kentang goreng
|
Rp. 2.000.000.-
|
3.
|
Tortilla
|
Rp. 1.500.000.-
|
4.
|
Minyak goreng
|
Rp. 1.000.000.-
|
5.
|
Gas
|
Rp. 1.500.000.-
|
|
Total
|
Rp. 7.000.000.-
|
PENJUALAN
RATA-RATA
BIAYA
OPERASIONAL
FC :
10.500.000/30 = 350.000
VC : = 7.000.000 +
7.350.000/350 = 21.000
LABA
10%X21.000 = 2.100
HARGA
JUAL : 21.000+2.100 = Rp.
23.100
2.2 Struktur Usaha
Bag. Keuangan : Ahmad Fikri
Bag. Promosi : Muhammad Galih
Tri L
Bag. Produksi : Moeslim Baba J
2.3 Sumber Bahan
Baku
Untuk sumber
bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang
terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk
yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi
perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Adapun macam-macam bahan
baku yang kami butuhkan adalah ;
1. Aneka Kopi
2. Es kristal
3. Air mineral
4. Kentang Goreng
5. Singkong
6. Gula
7. Garam
8. Saos
9. Mayonaise
2.4 Peralatan
Usaha
Untuk menunjang proses
produksi kami, tentunya kami membutuhkan peralatan produksi atau alat alat yang
dapat kami gunakan untuk berdagang. Adapun macam-macam peralatan yang kami
butuhkan adalah ;
1. Mesin Espresso
2. Mesin Grinder kopi elektrik
3. Mesin Grinder kopi Manual
4. Peralatan sedu V60
5. Peralatan sedu Vietnamese drip
6. Rok Presso
7. French press
8. Aero Press
9. Coffee equipment
10. Termos Es
11. Kompor
12. Penggorengan
13. Piring
14. Gelas
15. Sendok garpu
16. Kursi Meja Taman
2.5 Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami
terapkan di Coffee Barasa yaitu :
1.
Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan
kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh
masyarakat luas.
2.
Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook,
instagram atau twitter yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
3.
Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan Coffee Barasa dan berbagai
macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
2.6 Pembuatan Produk
Dalam pembuatan produk kami pada menu
minuman kopi, pembuatannya bermacam macam. Ada yang menggunakan mesin kopi atau
mesin press ada juga dengan menggunakan alat manual. Alat manual sendiri akan
digunakan jika mesin kopi tidak bisa digunakan atau sedang mati listrik.
Tinggal sesuai permintaan dari konsumen. Sedangkan untuk pembuatan makanan
ringan, kami menggunakan penggorengan dan alat penggorengan untuk memasak
produk yang dipesan pengunjung.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Menurut pandangan kami usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan.
Meskipun zaman sekarang ini banyak tempat nongkrong yang lain selain kedai kopi,
tapi kami optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan member harapan yang
sangat menjanjikan. Kami akan berusaha dengan kemampuan yang kami miliki agar
usaha ini dapat berjalan lancar. Untuk mejalankan usaha ini dengan tidak
pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi
setiap saat. Kami juga berkeyakinan, untuk mengatasi rintangan yang kami
hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam
menjalankannya. Kami juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelolah kedai kopi
ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya yang dibutuhkan, kami tidak akan
main-main dalam usaha ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar